1. Sebutkan empat cara atau teknik penulisan yang perlu diperhatikan seorang peneliti dalam menyusun laporan penelitian!
Jawaban :
Tata cara atau teknik penulisan yang perlu diperhatikan seorang peneliti dalam menyusun laporan penelitian sebagai berikut.
a. Penggunaan bahasa penulisan.
b. Teknik pengetikan.
c. Penulisan nomor halaman.
d. Teknik penulisan sumber buku.
e. Pencantuman tabel dan gambar.
2. Tuliskan sistematika penulisan bagian metode penelitian pada Bab III penelitian kuantitatif!
Jawaban :
Sistematika penulisan bagian metode penelitian pada penelitian kuantitatif sebagai berikut.
BAB III METODE PENELITIAN
A. Tempat dan Waktu Penelitian
B. Metode Penelitian
C. Populasi dan Sampel
D. Teknik Pengumpulan Data
E. Teknik Analisis Data
3. Bagaimana teknik menulis nomor halaman yang baik dalam laporan penelitian?
Jawaban :
Teknik penulisan nomor halaman yang baik dalam laporan penelitian yaitu nomor halaman pada bagian pendahuluan menggunakan angka Romawi kecil, misalnya i, ii, iii, dan iv. Nomor halaman yang mengawali bab ditulis di bagian bawah tengah halaman dengan menggunakan angka Arab 1, 2, 3, dan seterusnya. Sementara itu, pada halaman lain yang tidak berisi judul bab, nomor halaman ditulis pada bagian atas sebelah kanan.
4. Mengapa penelitian sosial perlu ditulis dalam bentuk laporan penelitian?
Jawaban :
Penelitian sosial yang telah dilakukan perlu ditulis dalam bentuk laporan penelitian karena laporan tersebut berfungsi sebagai media bagi peneliti untuk mengomunikasikan hasil penelitiannya kepada khalayak umum.
5. Mengapa laporan penelitian dapat berfungsi sebagai landasan dalam membuat kebijakan pemerintah?
Jawaban :
Laporan penelitian merupakan hasil penyajian data yang telah diolah dan dianalisis dalam bentuk karya tulis ilmiah. Melalui laporan penelitian sosial, peneliti dapat mengomunikasikan atau menginformasikan hasil penelitiannya kepada pihak lain, termasuk pemerintah. Dengan demikian, pemerintah dapat menggunakan hasil penelitian yang tertulis dalam laporan penelitian sebagai bahan rujukan ketika membuat kebijakan.
Artikel keren lainnya: